Corona: Peran Masyarakat dalam Gugus Tugas Desa

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Corona: Peran Masyarakat dalam Gugus Tugas Desa

@FauziTMG
CORONA - Dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2622/SJ tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Daerah, seluruh masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam percepatan penanggulangan bencana CoronaVirus (Covid-19)

Adapun di tingkat desa, melalui keputusan kepala desa dibentuk Gugus Tugas Desa. Simak tugas dan fungsi dibawah ini.

KEPALA DESA
Pada Gugus Tugas Desa dalam rangka pencegahan dan penanggulangan wabah Corona, kepala desa bertugas sebagai Ketua. Adapun tugasnya adalah sebagai berikut:
1. Menetapkan rencana operasi dan melaksanakan penanganan;
2. Mengoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan penanganan;
3. Melakukan pengawasan pelaksanaan penanganan;
4. Mengerahkan sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan penanganan; dan
5. Melaporkan pelaksanaan penanganan kepada gugus tugas tingkat kabupaten/kota.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas
Wakil 1 & Wakil 2 dalam hal ini diampu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Tugasnya adalah Mewakili Kepala Desa dalam melaksanakan Tugas ketua Gugus Tugas Tingkat Desa.

Sekretaris DESA
Posisi Sekretaris diisi oleh Sekretaris Desa yang bertugas dalam menyelenggarakan tugas Administrasi surat & menyurat,
Kegiatan protokoler, dan Dukungan sekretariatan yang memungkinkan.

Unsur Perangkat DESA
Sedangkan tugas Humas dilaksanakan oleh unsur perangkat desa, tugasnya adalah melakukan Komunikasi Publik; Agenda setting, Strategi komunikasi; Media monitoring; dan Juru bicara gugus kepada warga masyarakatnya.

Unsur LINMAS, Bidan Desa & Tokoh Masyarakat
Segala hal terkait Operasi dan Pencegahan, Melaksanakan pencegahan, penanganan, dan pemulihan di daerah secara menyeluruh dan terkoordinasi antar instansi merupakan tugas dari LINMAS, Bidan Desa, & Seluruh Tokoh Masyarakat di desa terkait.

Unsur LPMD & Unsur Karang Taruna
Peran LPMD dan Karang Taruna dalam Gugus Tugas Desa terkait hal ini adalah sebagai satuan yang membantu Penanganan Pemulihan dan layanan dasar. Dalam hal ini lebih ditekankan pada pelaksanaan upaya penanganan, pemulihan dan layanan dasar di daerah secara menyeluruh dan terkoordinasi antar instansi.

Unsur LINMAS & Ormas
Pengamanan dan Penegakan Hukum merupakan salah satu hal yang diharapkan bisa dilaksanakan oleh unrus LINMAS dan Ormas di Desa dalam Gugus Tugas Desa. Harapanya, LINMAS dan Ormas mampu Melaksanakan pengamanan dan penegakan hukum di daerah secara menyeluruh dan terkoordinasi antar instansi

Unsur PKK
Hal paling riil yang bisa dilaksanakan oleh Unsur PKK dalam hal ini adalah membantu Gugus Tugas Desa dalam menyiapkan Logistik. Memberi dukungan pengadaan logistik peralatan darurat di daerah merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh kesatuan Gugus Tugas.

Kepala Dusun, Unsur RT dan RW
Penyiapan potensi Sumber Daya Daerah, Melaksanakan mobilisasi dan pengerahan potensi sumber daya daerah. Merupakan tugas dan tanggung jawab Kepala Dusun, RT, & RW.

Kaur Keuangan
Tugas dari Kaur Keuangan adalah melaksanakan tugas Administrasi Keuangan, meliputi:
1. Tata usaha administrasi
2. Laporan pertanggungjawaban keuangan.
3. Sumber pendanaan.
4. Pengumpulan dan pengelolaan data (data base),'
5. Pengembangan dan operasional sistem informasi, komunikasi, dan elektronik; dan
6. Pelaporan.

Nah itulah tugas tugas dari Pemerintah Desa, Prangkat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, LPMD, Ormas, Linmas, Karang Taruna, PKK, Kepala Dusun, Ketua RT & RW, dll di Gugus Tugas Desa dalam rangkan Percepatan penanggulangan virus corona di tingkat desa.