Tanggap Corona, Tokoh-tokoh Kab. Temanggung Menyatakan Sikapnya

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Tanggap Corona, Tokoh-tokoh Kab. Temanggung Menyatakan Sikapnya

@FauziTMG

Temanggung - Hari ini (24/3) Tokoh Pemerintahan, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Temanggung mengadakan pertemuan / musyawarah bersama terkait dengan pencegahan penularan penyakit Corona di lingkungan Kabupaten Temanggung.

Pertemuan ini, mrmbuahkan kesepakatan bersama yang tertuang dalam "Pernyataan Sikap" antar tokoh Pemerintahan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Adapun isi dari pernyataan sikap itu ada 4 point.

Pada poin pertama menegaskan bahwa setiap orang wajib melakukan ikhtiar menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang diyakini dapat menyebabkan terpapar penyakit, karena hal itu merupakan bagian dari menjaga tujuan pokok beragama.

Sedangkan untuk ibadah yang melibatkan orang banyak, seperti: Pengajian Akbar, Pengajian Umum, Kebaktian di Gereja, Kebaktian di Wihara dan kegiatan sejenis lainnya di himbau untuk di tunda pelaksanaanya sampai dengan status darurat Corona Virus Diseases (Covid-19) dianggap selesai. Hal ini termaktup dalam butir kedua pernyataan sikap bersama.

Pada poin ke-3 menguraikan bahwa setiap tokoh mendukung himbauan pemerintah Kabupaten Temanggung agar mengurangi kerumunan dan atau keramaian masyarakat baik dalam kegiatan sosial maupun kegiatan keagamaan atau lebih dikenal sebagai Social Distancing, hal ini tak lain adalah sebagai wujud salah satu upaya pencegahan penularan penyakit Covid-19. Para tokoh juga menyepakati bahwa jika terdapat pelanggaran dari himbauan tersebut maka pelakunya akan ditindak tegas.

Poin ke empat pada pernyataan sikap ini berisi tentang himbauan kepada masyarakat agas senantiasa menyandarkan setiap masalah kepada Allah SWT dan doa agar setiap masalah yang timbul karena adanya virus Corona dapat segera teratasi.

Pernyataan Sikap tentang pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) ini di tandatangani oleh: 
1. H. Muhammad Al-Kadziq selaku Bupati Temanggung, 
2. AKBP Muhammad Ali sebagai KAPOLRES Temanggung), 
3. Letkol Inf A.Y David Alam dari DANDIM 0706 Temanggung, 
4. Drs. H. Saefudin, M.Pd Kepala Kantor Agama Kabupaten Temanggung,
5. H. Ahmad Soleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Temanggung,
6. K.H Yakub Mubarok Ketua MUI Kabupaten Temanggung,
7. K.H. M. Furqon Ketua PC NU Kabupaten Temanggung, dan
8. H. Agus Efendi, M.Ag Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Temanggung.

Semoga dengan ditandatanganinya pernyataan sikap oleh para pimpinan masyarakat dan umat se-Kabupaten Temanggung ini bisa menjadi acuan menjalankan rutinitas keseharian agar lebih efektif dalam mencegah penularan virus corona meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19 di lingkungan Kabupaten Temanggung.