Tips Lansia agar Aman dari COVID-19

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Tips Lansia agar Aman dari COVID-19

@FauziTMG
Edukasi - Artikel ini berisikan panduan aman dari COVID-19 untuk lansia. Jika anda atau dirumah anda atau lingkungan sekitar anda ada Lansia, maka tips lansia pada artikel ini akan sangat bermanfaat untuk anda.
JIKA ANDA LANSIA
Jika anda berada pada kisaran umur lanjut usia (Lansia), usahakan agar meminimalisir pergi terlalu jauh dari rumah. Terutama jika anda tinggal di wilayah Zona Merah CoronaVirus. 

Untuk membeli kebutuhan pribadi, mintalah bantuan kepada orang disekitar anda, terutama keluarga anda sendiri. Meminta tolong kepada anggota keluarga anda adalah langkah yang paling tepat, karena mereka lebih mengetahui apa yang anda butuhkan, apa yang anda biasa gunakan dan tentu saja lebih dekat dengan anda daripada siapapun.

Anda Lansia yang sedang Sakit?
Jika anda memiliki penyakit kronis, pastikan anda tidak putus minum obat, dan usahakan untuk memiliki stok obat yang memadai.

Jika anda adalah seotang penderita diabetes, lalukan pengecekan berkala tekanan darah dan gula dalam tubuh anda. Hal ini tentunya akan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.

Jika anda sudah terbiasa menggunakan inhaler, pakailah seperti biasa. Namun, jika anda demam dan sesak nafas yang tidak kunjung membaik, silakhan hubungi dokter secepatnya.

Tetap Sehat ditengah Badai Covid19
Agar tidak bosan dalam menjalani hari-hari saat #StayAtHome anda bisa melakukan aktifitas guna menjaga kesehatan badan, Seperti: Gerak Badan, Senam, Yoga, dan Latihan Pernafasan. Anda juga masih bisa melakukan kegiatan lainnya seperti: membaca buku/majalah, mendengar musik, melakukan hobi, berkebun dan lain-lain.

Taka kalah pentingnya adalah agar tetap selalu menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang sesuai dengan program diet kesehatan masing masing.

JIKA DISEKITAR ANDAA ADA LANSIA
Ditengah wabah CoronaVirus ini, tentunya kita juga sedang di uji seberapa kita memperhatikan lingkungan kita. Terutama terhadap Lansia yang hidup disekitat kita. Baik mereka yang terlantar, hidup sendiri, dan miskin, maupunyang memiliki penyakit dementia atau penyakit disabipitas psikososial.

Jika ada yang lansia disekitarmu apalagi yang memiliki kriteria seperti yang telah disebutkan di atas, berikan arahan dengan sabar, jelas dan mudah dipahami mengenai tata cara penggunaan masker, disinfektan dan obat-obatan lainnya.

Jika ada lansia yang tinggal di panti, dan memiliki gejala lakukan isolasi mandiri dengan memindahkannya ke kamar pribadi dan tunjuk perawat khusus untuk merawat lansia tersebut.

Peringatan:
1. Lansia dalam isolasi harus mendapat informasi yang sebenarnya mengenai resiko yang mungkin terjadi.
2. Lansia dengan dementia harus mendapat informasi dengan cara yang mudah dipahami dan perlu mendapat dukungan agar tidak stress dan khawatir.

Libatkan Mereka dalam Penanganan COVID-19
Jika memugkinkan, Libatkan lansia yang memiliki keahlian, pengalaman dan kekuatan untuk menjadi relawan dslam respon Covid-19. Lansia dapat membantu dalam memberikan dukungan kepada sebayanya, maupun dukungan pengasuhan anak bagi tetangga yang sedang dikarantina (Pasien dalam Pengawasan)

Nah itulah tadi Tips Lansia yang bisa diterapkan di tengah badai Corona Virus ini. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah Tetap ikuti dan patuhi anjuran pemerintah agar badai Corona Virus ini cepat berlalu. Semoga bermanfaat.