Musyawarah Tingkat Desa (MusDes)

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Musyawarah Tingkat Desa (MusDes)

Cah Purwodadi
Setiap desa, dalam menjalankan roda pemerintahan pastinya memiliki rencana kerja yang telah disetujui bersama. Begitu pula dengan Desa Purwodadi

Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Des) Purwodadi.

Dalam membuat rencana kerja ini, pemerintah desa melaksanakan amanah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 yang mengatur tentang Desa, atau lebih sering disebut dengan nama Undang-undang Desa.

Siapa yang terlibat dalam Musyawarah Desa?
Dalam Undang Undang Desa Bagian Keenam pasal 54 dijelaskan, bahwa musyawarah merupakan forum permusyawaratan yang diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat Desa untuk memusyawarahkan hal-hal yang bersifat setrategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Musdes ini dilaksanakan paling tidak sekali dalam setahun, dan penyelenggaraannya dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Apa saja Bahan Musyawarah Desa?
Hal-hal yang di-Musdes-kan meliputi hal-hal yang menyangkut tentang Penataan Desa, Perencanaan Desa, Kerjasama Desa, Rencana Investasi yang akan masuk ke deaa, Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan kejadian luar biasa yang menyangkut kepentingan umum lainnya.